by

Faktor Yang Mempengaruhi Permainan Sepakbola

Menjadi pemain sepak bola yang baik, diperlukan beberapa faktor pendukung seperti halnya faktor genetik, kedisiplinan, latihan, dan faktor keberuntungan. Berikut adalah penjelasan dari faktor-faktor tersebut :
A. Faktor Genetika

Kemampuan fisik dan postur tubuh setiap orang berbeda-beda. Hal ini disebabkan oleh secara genetika dari orang tuanya. Perbedaan tersebut dalam dunia sepak bola sangat mempengaruhinya. Apabila seorang pemain berpostur tubuh kecil maka ia akan mudah untuk lawan mainnya, ia juga akan mengalami kesulitan dalam menjangkau bola-bola atas. Selain itu, kecepatan dalam berlari pun tidak menutup kemungkinan lambat jika dibandingkan dengan pemain yang berpostur tubuh tinggi. Begitu juga sebaliknya, pemain sepak bola yang memiliki ukuran tubuh terlalu besar akan memiliki kesulitan dan hambatan tersendiri dalam bermain sepak bola. Berbeda dengan pemain sepak bola yang memiliki tubuh ideal. Namun meski demikian, baik berpostur besar ataupun kecil, jika kita tetap mau berlatih maka segala kekurangan akan tertutupi. Banyak pemain kelas dunia yang berpostur pendek. Diantarnya: Lionel Messi penyerang terbaik Argentina yang bermain untuk klub Spanyol (Barcelona), begitu juga dengan Carlos Tevez (Manchester City), Wayne Rooney (Manchester United), Robinho (AC Milan), dan masih banyak lagi pemain yang berkualitas tinggi dan berpostur tubuh pendek.

B. Kedisiplinan

Kedisiplinan merupakan faktor terpenting untuk kemampuan seorang yang tinggi didalam berlatih dan menerapkan latihan/ajaran yang diberikan, tidak mungkin seorang pemain bisa mencapai potensinya.

C. Faktor Latihan

Dibalik suatu kemenangan dalam permainan sepak bola tentunya tidak terlepas dari seorang pelatih. Kehadiran seorang pelatih pada suatu klub merupakan urat nadi permainan. Tanpa pelatih, suatu klub sepakbola akan kecil kemungkinan untuk berhasil dan meraih prestasi.

D. Faktor keberuntungan

Faktor keberuntungan setidaknya memberikan pengaruh besar terhadap keberhasilan seseorang. Tidak jarang banyak orang-orang yang memiliki kemampuan dalam bermain sepakbola, namun mereka tidak berada di jajaran level tinggi. Hal ini disebabkan karena mereka tidak memiliki koneksi dengan para petinggi sepak bola. Hingga pada akhirnya para pemain tersebut gagal untuk meraih kesuksesan yang mereka dambakan. Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh para pelatih untuk mengantar anak didiknya sukses, antara lain sebagai berikut:
1.Setiap pemain menanamkan untuk berlaku disiplin dalam segala hal.
2. setiap pemain harus selalu bersikap sportif.
3.Setiap pemain memahami mengenai pola hidup sehat.
4. menghargai antar pemain

E. Suporter
Suporter juga sangat mempengaruhi dalam permainan sepakbola. Tanpa adanya suporter, maka tidak akan ada yang memberikan semangat terhadap setiap tim.suporter juga sering di sebut sebagai pemain ke-12 dalam suatu tim.